Pages
Monday, January 2, 2012
Gambaran umum Manajemen
Gambaran umum Manajemen
Manajemen
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Fungsi – fungsi manajemen terbagi atas 2 :
a. Manajemen Fungsional
Hanya bertanggung jawab untuk satu bidang.
b. Manajemen Umum
Bertanggung jawab atas semua aktivitas manajemen.
Manajemen juga memiliki tingkatan atau sebuah jabatan, tingkatan manajemen tersebut antara lain, sebagai berikut.
Tingkatan Manajemen :
1. Manajer Lini Pertama,tingkat paling rendah dalam sebuah organisasi dimana orang
bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain.
2. Manajer menengah, prinsip tanggung jawab manajer menengah adalah mengarahkan aktivitas yang mengimplementasikan kebijakan organisasi dan menyeimbangkan permintaan manajer mereka dengan kapasitas karyawan.
3. Manajer puncak, bertanggung jawab untuk manajemen keseluruhan dari sebuah organisasi.
Biasanya nama jabatan manajer puncak adalah chief executive officer, presiden dan wakil
presiden.
Keterampilan manajemen :
a. Keterampilan teknis
b. Keterampilan manusiawi
c. Keterampilan Konseptual
Evolusi Teori Manajemen :
1. Aliran Manajemen Ilmiah, muncul sebagai bagian dari kebutuhan untuk meningkatkan
produktivitas.
Prinsip-prinsip manajemen ilmiah menurut Frederick W. Taylor :
a. Perkembangan manajemen ilmiah yang sebenarnya, jadi metode terbaik untuk melaksanakan setiap tugas dapat ditentukan.
b. Seleksi ilmiah para pekerja, sehingga setiap pekerja akan diberi tanggung jawab melakukan tugas yang paling cocok dengannya.
c. Pendidikan dan pengembangan Ilmiah para pekerja.
d. Kerja sama bersahabat dan secara pribadi antara manajemen dan tenaga kerja.
2. Aliran Teori Organisasi Klasik, muncul sebagai bagian dari kebutuhan untuk menemukan
pedoman pengelolaan organisasi kompleks.
14 Prinsip manajemen menurut Henri Fayol :
1. Pembagian tugas
2. Wewenang
3. Disiplin
4. Kesatuan Komando
5. Kesatuan Pengarahan
6. Kepentingan individual di bawah kepentingan umum
7. Imbalan
8. Sentralisasi
9. Hierarki
10. Susunan
11. Keadilan
12. Stabilitas staf
13. Inisiatif
14. Semangat Korps
3. Aliran Tingkah Laku, Sekelompok sarjana manajemen yang terlatih dalam bidang sosiologi, psikologi serta bidang-bidang terkait yang menggunakan beraneka ragam pengetahuan mereka untuk memahami dan menjalankan manajemen organisasi secara lebih efektif.
4. Aliran Kuantitatif (ilmu manajemen), pendekatan masalah manajemen dengan penggunaan teknik matematik untuk membuat model, menganalisis dan menyelesaikannya.
Manajemen dan lingkungan eksternal.
Lingkungan eksternal adalah semua elemen di luar suatu organisasi yang relevan untuk
operasinya; termasuk elemen tindakan langsung dan tindakan tidak langsung.
Elemen tindakan langsung (pihak yang berkepentingan) adalah elemen dari lingkungan yang secara langsung mempengaruhi aktivitas organisasi yang terdiri dari 2 pihak : internal dan eksternal. Di pihak internal sendiri berperan khusus mengontrol system manajemen bagian dalam organisasi. Sedangkan dipihak eksternal berperan mengatur penyeleksian bagi anggota yang ingin masuk ke dalam organisasi. Secara tidak langsung keduanya sangat membantu kinerja manajemen.
Elemen tindakan tidak langsung adalah elemen lingkungan eksternal yang mempengaruhi iklim tempat aktivitas berlangsung, tetapi tidak langsung mempengaruhi organisasi.
Universitas Gunadarma
Facebook Badge
Twitter ANE
CLOCK'S
Blog Archive
-
▼
2012
(40)
-
▼
January
(22)
- <!--[if gte mso 9]> Normal 0 false ...
- KECERITA KOCAK
- "Melamar Kerja"
- Pintu Yang Selalu Terbuka
- Ngapain Mainin HP Malem-malem Gini
- Cerita kocak Bajak Laut
- Wewenang Mahkamah Agung
- Perencanaan Bisnis
- Polisi Jualan Narkoba Bukti Pengawasan Internal Lemah
- KOORDINASI DAN HUBUNGAN KERJA
- PERENCANAAN PENGAJARAN
- Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia
- Preman Gokil
- Curhatan Udin
- Cerita Konyol
- Cara Keluar Dari Kamar Tak Berpintu
- KOORDINASI
- Gambaran umum Manajemen
- Evaluasi
- PENGARAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI (Komunikasi)
- Pengertian Pengawasan
- Pengarahan dan Pengembangan Organisasi Kepemimpinan
-
▼
January
(22)
Powered by Blogger.
Popular posts
-
Pengertian Manajemen Sistem Informasi (MSI) Manajemen Sistem Informasi (MSI) berasal dari kata Management of Information System yang l...
-
Pengertian Model Model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan (Departemen P dan K, 1984:75). Defin...
-
E-commerce merupakan suatu proses pembelian, penjualan, mentransfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer...
-
PENYUSUNAN PERSONALIA ORGANISASI Penyusunan personalia adalah fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penetapan, pemberitahuan ...
-
Pengertian Pengawasan Pengawasan adalah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian h...
-
oleh Fair Isaac Staf Departemen California Kendaraan Bermotor (DMV) bertanggung jawab untuk mengumpulkan sekitar $ 4100000000 setiap tahun...
-
Polisi Jualan Narkoba Bukti Pengawasan Internal Lemah Politikus Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin menyayangkan jika dugaan keterlib...
-
"Melamar Kerja" Suatu hari seorang lelaki pergi ke sebuah perusahaan untuk mealamar kerja. Setelah ia memberikan formulirnya...
-
Pengertian Politik dan Strategi Nasional dan Stratifikasi Politik Perkataan politik berasal dari bahasa Yunani, yaitu Polistaia, Pol...
-
Pengarahan dan Pengembangan Organisasi Kepemimpinan PENGERTIAN KEPEMIMPINAN Dari akar kata “pimpin” kita mengenal kata “pemimpin” dan “k...
0 comments:
Post a Comment