Pages

Monday, January 2, 2012

Gambaran umum Manajemen


Gambaran umum Manajemen
Manajemen
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Fungsi – fungsi manajemen terbagi atas 2 :
a. Manajemen Fungsional
Hanya bertanggung jawab untuk satu bidang.
b. Manajemen Umum
Bertanggung jawab atas semua aktivitas manajemen.
Manajemen juga memiliki tingkatan atau sebuah jabatan, tingkatan manajemen tersebut antara lain, sebagai berikut.
Tingkatan Manajemen :
1. Manajer Lini Pertama,tingkat paling rendah dalam sebuah organisasi dimana orang
bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain.
2. Manajer menengah, prinsip tanggung jawab manajer menengah adalah mengarahkan                           aktivitas yang mengimplementasikan kebijakan organisasi dan menyeimbangkan permintaan manajer mereka dengan kapasitas karyawan.
3. Manajer puncak, bertanggung jawab untuk manajemen keseluruhan dari sebuah    organisasi.
Biasanya nama jabatan manajer puncak adalah chief executive officer, presiden dan wakil
presiden.
Keterampilan manajemen :
a. Keterampilan teknis
b. Keterampilan manusiawi
c. Keterampilan Konseptual
Evolusi Teori Manajemen :
1. Aliran Manajemen Ilmiah, muncul sebagai bagian dari kebutuhan untuk meningkatkan
produktivitas.
Prinsip-prinsip manajemen ilmiah menurut Frederick W. Taylor :
a. Perkembangan manajemen ilmiah yang sebenarnya, jadi metode terbaik untuk melaksanakan setiap tugas dapat ditentukan.
b. Seleksi ilmiah para pekerja, sehingga setiap pekerja akan diberi tanggung jawab melakukan tugas yang paling cocok dengannya.
c. Pendidikan dan pengembangan Ilmiah para pekerja.
d. Kerja sama bersahabat dan secara pribadi antara manajemen dan tenaga kerja.
2. Aliran Teori Organisasi Klasik, muncul sebagai bagian dari kebutuhan untuk menemukan
pedoman pengelolaan organisasi kompleks.
14 Prinsip manajemen menurut Henri Fayol :
1. Pembagian tugas
2. Wewenang
3. Disiplin
4. Kesatuan Komando
5. Kesatuan Pengarahan
6. Kepentingan individual di bawah kepentingan umum
7. Imbalan
8. Sentralisasi
9. Hierarki
10. Susunan
11. Keadilan
12. Stabilitas staf
13. Inisiatif
14. Semangat Korps
3. Aliran Tingkah Laku, Sekelompok sarjana manajemen yang terlatih dalam bidang sosiologi, psikologi serta bidang-bidang terkait yang menggunakan beraneka ragam pengetahuan mereka untuk memahami dan menjalankan manajemen organisasi secara lebih efektif.
4. Aliran Kuantitatif (ilmu manajemen), pendekatan masalah manajemen dengan penggunaan teknik matematik untuk membuat model, menganalisis dan menyelesaikannya.
Manajemen dan lingkungan eksternal.
Lingkungan eksternal adalah semua elemen di luar suatu organisasi yang relevan untuk
operasinya; termasuk elemen tindakan langsung dan tindakan tidak langsung.
Elemen tindakan langsung (pihak yang berkepentingan) adalah elemen dari lingkungan yang secara langsung mempengaruhi aktivitas organisasi yang terdiri dari 2 pihak : internal dan eksternal. Di pihak internal sendiri berperan khusus mengontrol system manajemen bagian dalam organisasi. Sedangkan dipihak eksternal berperan mengatur penyeleksian bagi anggota yang ingin masuk ke dalam organisasi. Secara tidak langsung keduanya sangat membantu kinerja manajemen.
Elemen tindakan tidak langsung adalah elemen lingkungan eksternal yang mempengaruhi iklim tempat aktivitas berlangsung, tetapi tidak langsung mempengaruhi organisasi.

0 comments:

Post a Comment